Kamis, 04 Juni 2020

Guru Kekinian

Guru Belajar Ngeblog IGI
Sekarang sudah jamannya untuk 'melek' teknologi. Guru dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan kompetensi dan kualitas diri termasuk dalam bidang teknologi.

Salah satu media teknologi yang dapat digunakan guru adalah blog. Blog sebagai sebuah media memiliki berbagai fasilitas sebagai sebuah website pribadi maupun institusi. Web blog merupakan sarana penyampaian informasi secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menembus batasan ruang dan waktu. Di tengah pesatnya perkembangan dunia yang penuh persaingan, informasi merupakan bagian yang sangat penting dari komponen pendidikan. Penyampaian informasi yang cepat, tepat dan mudah akan sangat mendukung kegiatan pendidikan.

Dengan kekuatan yang dimiliki blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama murid‐murid, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru‐guru yang lain untuk dipraktekkan di kelas mereka, menuliskan berbagai keluhan mengenai kebijakan sekolah. Blog bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan‐tulisan juga dikomentari oleh banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah. Selain itu dengan memanfaatan media blog memungkinkan seorang guru untuk bertukar pikiran dengan guru lain di manapun, sharing kiat mengajar , bahan ajar dan sebaginya yang semuanya memperlancar kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan pendidikan pada umumnya.

Bagi guru weblog berguna sebagai media ajar maupun media belajar. Sebagi media ajar seorang guru dapat ”mempostingkan” bahan ajarnya di sini sehingga siswanya dapat mempelajarinya melalui weblog ini. Bahkan lebih dari itu, tidak hanya siswanya secara formal saja yang dapat menikmati bahan ajar itu melainkan semua orang yang membutuhkannya. Sebagai media belajar weblog dapat digunakan untuk mempostingkan atau mengarsip apa‐apa yang didapat setelah berselancar di internet.

Bagi siswa web blog dapat digunakan sebagai media belajar karena materi ajar yang akan diberikan di sekolah ditampilkan sebagi layout halaman web. Hal ini sebagi suatu solusi sistem pengajaran di luar kelas sekaligus mengenalkan anak dalam dunia teknologi dan informasi khususnya “dunia internet”. Sebagi media mengajar atau lebih tepatnya media saling berbagi bagi siswa khususnya siswa SMP ke atas hinggga tingkat mahasiswa.

Dan dikesempatan yang baik ini, saya mengikuti Workshop Onine yang diselenggarakan oleh IGI melalui kanal SAGUSABLOG. Melalui Workshop ini, saya mendapatkan banyak ilmu baru di bidang teknologi. Mari guru hebat, belajar memanfaatkan internet untuk generasi industri 4.0

0 komentar:

Posting Komentar